Customer Support: 24 x 7
By
In Indonesia, Medan, Sumatera Utara Posted

Gedung Balai Kota Lama: Miniatur Belanda di Medan

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Kota Medan, pastikan Anda tidak lupa untuk mengunjungi tempat yang satu ini yaitu Gedung Balai Kota Lama. Bangunan tua ini dibangun sekitar tahun 1900 dan hingga kini bangunan ini masih kokoh berdiri di tengah-tengah bangunan baru di pusat Kota Medan. Anda pasti akan terkesima dengan gaya arsitektur bangunan Gedung Balai Kota Lama ini karena arsitekturnya sangat indah, mewah, dan memiliki seni tinggi. Jika Anda amati lebih seksama, sekilas bangunan ini mirip dengan bangunan-bangunan di Belanda. Jadi ketika Anda berdiri di depan gedung ini, anggaplah Anda sedang berada di Belanda karena memang atmosfer di sekitar bangunan ini sangat mirip dengan atmosfer di Belanda.

Meskipun sempat terbengkalai di sekitar tahun 1990 akibat adanya pembangunan gedung balai kota baru Medan, kini Gedung Balai Kota Lama ini masih memancarkan pesonanya baik siang maupun malam. Biasanya banyak pengunjung khususnya warga lokal yang gemar berkumpul di area gedung. Karena keindahan gedung dan suasana/atmosfernya yang mirip seperti suasana kota-kota di  Belanda, banyak pengunjung yang memanfaatkan situasi ini untuk berfoto di sekitar area gedung ini. Sebagian besar foto para pengunjung memamerkan bangunan Gedung Balai Kota Lama sebagai background fotonya.

Eksistensi Gedung Balai Kota Lama Dari Waktu ke Waktu

Gedung Balai Kota Lama ini merupakan hasil rancangan dari seorang arsitek profesional Belanda yang bernama Hulswit. Sang perancang memberikan sentuhan gaya arsitektur Eropa klasik yang umumnya didominasi dengan warna putih. Gedung tempat para walikota Medan ini menjadi saksi bisu perkembangan Kota Medan dari waktu ke waktu seperti pada masa penjajahan Belanda, Jepang, hingga kini. Pada saat Indonesia dijajah oleh Belanda, gedung ini sering dijadikan sebagai tempat pertemuan para petinggi Belanda yang memerintah Medan.

Gedung Balai Kota Lama: Miniatur Belanda di Medan

Sepeninggal penjajahan Belnda, Gedung Balai Kota Lama ini sempat akan diruntuhkan oleh pemerintah Jepang. Beruntungnya rencana tersebut tidak sempat dilakukan. Dan hingga kini Gedung Balai Kota Lama  menjelma menjadi banguna  tua yang sangat indah dan menarik karena beberapa tahun terakhir Pemerintah Kota  Medan mengijinkan para investor merenovasi bangunan tua yang satu ini.

Fungsi Gedung Balai Kota Lama Saat Ini

Keindahan gaya arsitektur Gedung Balai Kota Lama ini telah sampai pada telinga-telinga wisatawan baik wisatawan luar Medan maupun wisatawan mancanegara. Tak heran jika kini ada cukup banyak wisatawan yang berkunjung di bangunan tua ini. Kini meskipun sudah tak lagi digunakan sebagai bagian dari gedung pemerintahan, Gedung Balai Kota Lama ini lebih sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara-acara khusus seperti acara pertemuan antar walikota dan wakil daerah.

Jika Anda penasaran, tak ada salahnya untuk singgah sejenak di gedung tua ini. Lokasi Gedung Balai Kota Lama ini tak jauh dari Lapangan Merdeka Medan. Cukup berjalan kaki sekitar 80 meter dari Lapangan Merdeka Medan, Anda sudah bisa melihat keanggunan dan kemegahan sebuah bangunan bersejarah Gedung Balai Kota Lama.

Gambar: medan.panduanwisata.com

Get the best deals and special offers.

Sign up now to receive the best deals, discounts and special offers.
Holiday Winger hates spam, your email address is safe with us.

UA-37600478-1