sumber gambar : luckydc.files

Jembatan Suramadu merupakan satu diantara enam icon sejarah kebanggaan kota Surabaya. Jembatan ini adalah satu-satunya perlintasan diatas air dengan panjang 5.438. Oleh karena itu, jembatan ini menjadi jalur perlintasan terpanjang di Indonesia. Icon sejarah kota Surabaya ini menjadi penghubung antara Pulau Jawa (Surabaya) dengan Pulau Madura. Jembatan megah penguhubung dua pulau ini dibangun pada tanggal 10 Juni 2003 pada kepemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Megawati Soekarno Putri.

Karena ukurannya yang besar dan panjang inilah mengapa jembatan ini baru selesai dibangun setelah 6 tahun. Akhirnya, Pada tanggal 10 Juni 2009, Jembatan yang diberi nama Suramadu ini resmi dibuka dan diperkenalkan kepada khalayak oleh Presiden Bambang Yudhoyono. Biaya pembangunan jembatan ini ditaksir sekitar 4,5 triliun rupiah.

Yukpegi-62f-Surabaya-Jembatan Suramadu-2

Pembangunan jembatan yang berada di atas selat Madura ini bertujuan untuk pemerataan infrastruktur dan ekonomi di pulau Madura yang relatif tertinggal dibandingkan dengan Surabaya. Icon sejarah kota Surabaya ini memiliki 4 jalur sesuai kategori kendaraannya. Dua jalur untuk kendaraan roda empat atau lebih dan 2 jalur lainnya untuk kendaraan roda dua seperti motor dan sepeda.

Jika Anda memperhatikan dengan jelas, ada satu keunikan pada jembatan ini. Bila dilihat dari kejauhan akan tampak bahwa jembatan ini menanjak di bagian tengahnya. Namun, jika Anda melewati bagian yang terlihat menanjak tersebut, tak akan seperti yang terlihat, melainkan sedikit landai.

Inilah sedikit gambaran tentang Jembatan suramadu dan beberapa bangunan yang ada disekitarnya

(Berbagai Sumber)