Kantor Pos Medan yang bersejarah dalam perkembangan kota Medan ini terletak di Lapangan Merdeka yang sekarang dikenal dengan Merdeka Walk. Bangunan ini dibangun sejak tahun 1911 dan masih berdiri kokoh hingga sekarang. Kantor pos Medan kini ikut menjadi salah satu obyek wisata sejarah yang menjadi daya tarik kota Medan. Bangunan ini telah berdiri lebih dari seratus tahun dan menjadi saksi bisu  sejarah perkembangan kota Medan.

Meski sudah berusia lebih dari seratus tahun, Kantor Pos Medan ini masih terus mencoba untuk bernapas dengan segala kekurangannya. Dahulunya bangunan tua bersejarah ini memiliki peran penting dalam kejayaan kejayaan usaha tembakau yang diprakarsai oleh Kesultanan Deli di Medan. Usaha tembakau ini berkembang pesat pada masa perdagangan Belanda dan negara-negara Eropa lainnya. Lalu pada masa negara Sumatera Timur pada tahun 1947-1950, kemudian Republik Indonesia Serikat 1949-1950, hingga era Negara Kesatuan Republik Indonesia, bangunan tua ini masih menampung segala aktivitas padat pada bagian jasa pengiriman.

Yukpegi-65-Medan-Kantor Pos Medan-2

Kini bangunan tua tersebut telah menjadi obyek bersejerah yang semakin usang dan mulai ditinggalkan. Kantor pos yang banyak menyimpan sejarah ini mulai tenggelam di antara gedung-gedung pencakar langit yang kini memadati kota Medan. Namun, gedung tua yang masih berdidiri anggun di Jalan Merdeka, Medan ini tetap menjadi buruan wisatawan yang minat akan sejarah yang tersimpan di dalamnya.

(Berbagai Sumber)