Wisata kuliner di Bangkok merupakan salah satu negara dengan wisata kuliner terbaik di dunia. Ciri khas masakan di Thailand sebenarnya tidak jauh berbeda dengan masakan Indonesia. Masakan Thailand lebih banyak mengandalkan rasa pedas. Salah satu masakan Thailand yang paling terkenal adalah Tom Yam. Sebagian besar Tom Yam yang disajikan memiliki ciri khas rasa yang pedas. Namun, rasa pedas pada Tom Yam dapat diatur sesuai dengan selera.

Di Thailand, ada tiga jenis cabai yang paling sering digunakan untuk makanan, yaitu cabai besar, cabai kecil (cabai rawit) dan cabai kering. Cabai kering merupakan jenis cabai yang paling banyak digunakan untuk bahan pembuatan Tom Yam.

Ciri Khas Pedas

Selain Tom Yam, masakan Thailand lain yang juga banyak disenangi adalah Pad Thai Kung. Masakan khas wisata kuliner di Bangkok ini juga memiliki ciri khas rasa yang pedas. Masakan ini hampir sama seperti mie goreng di Indonesia. Namun, mie goreng ala Thailand ini dimasak dengan daun bawang dan diberi potongan udang di atasnya. Pad Thai Kung ini cukup populer di kalangan orang Thai dan sangat nikmat jika dinikmati saat masih panas.

Wisata Kuliner di Bangkok

Seperti halnya dengan Tom Yam, Pad Thai Kung juga dapat diatur tingkat kepedasannya. Jika Anda senang pedas, Anda bisa meminta untuk diberi cabai. Namun, jika Anda tidak suka pedas, Anda bisa meminta untuk tidak diberi cabai terlalu banyak.

Makanan Penutup Segar

Wisata kuliner di Bangkok lainnya adalah masakan yang mengandalkan buah-buahan segar. Buah-buahan segar ini sebagian besar dimanfaatkan untuk makanan penutup, salah satu kreasi kuliner Thailand adalah Yum Mamuang. Masakan ini mengandalkan mangga sebagai bahan baku utama. Mangga dipilih yang paling besar dan manis. Setelah itu, mangga disajikan dengan ketan putih yang sebelumnya sudah diolah secara terpisah dengan santan. Untuk menambah kesegaran masakan ini, Anda bisa menambahkan es batu dan Anda bisa menikmati kesegaran dari masakan penutup khas Thailand.

Wisata Kuliner di Bangkok

Kesegaran makanan penutup dari wisata kuliner di Bangkok tidak hanya dapat diperoleh dari mangga, tetapi juga dari salad. Salad khas Thailand disebut dengan Som Tam yang terbuat dari potongan pepaya hijau, kacang tanah, serta buncis. Selain makanan penutup yang banyak difavoritkan orang, ada banyak jenis makanan ringan yang digoreng dan bisa dengan mudah ditemukan di Thailand. Salah satunya adalah telur pisang goreng. Makanan ini seperti martabak di Indonesia, tetapi menggunakan pisang dan telur yang digoreng. Makanan ringan ini sebenarnya dapat dinikmati dengan berbagai variasi rasa. Namun, yang paling dijadikan favorit adalah rasa pisang telur.

Wisata Kuliner di Bangkok

Jika Anda adalah penggemar durian, makanan berbahan baku durian merupakan makanan yang wajib dicoba di Thailand. Durian monthong asli dari Thailand banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk minuman segar. Jika Anda berkunjung ke Bangkok, jangan khawatir kebosanan karena wisata kuliner di kota ini tak akan ada habisnya.

Gambar: phuket.com; maangchi.com