Sumber Gambar: triptourism

Taman Laut 17  Pulau  Riung adalah salah satu tujuan wisata alam di provinsi Nusa Tenggara Timur yang tidak kalah indahnya dengan Danau Kelimutu dan Pulau Komodo. Pemandangan laut yang memukau dan alami bisa Anda nikmati di sini. Kebiruan laut yang sangat eksotik benar-benar tampa tenang dan sangat indah.

Mengapa dinamakan Taman Laut 17 Pulau Riung

Taman Laut 17 Pulau Riung terletak di perairan desa Tadho, ada di Kelurahan Benteng Tengah, dan Kelurahan Nangamese, Lengkosambi, Desa Sambinasi dan desa Latung Kecamatan Riung.

Di kawasan ini terdapat 17 pulau besar dan kecil yang letaknya berdekatan antara satu pulau dengan pulau yang lain. Pulau-pulau itu bernama pulau Pata, Bangko, Rutong, Bampa, Sua, Telu, Mborong, Kolong, Ontoloe, Sui, Wire, Meja, Wawi, Batu, Taor, Laingjawa, Wingkureo. Pulau-pulau tersebut seluruhnya dapat dilihat. Anda dapat berkeliling dengan menggunakan Speedboat selama kurang lebih dua setengah jam saja bila Anda penasaran dengan wisata alam flores ini.

Kebiruan Taman Laut 17 Pulau Riung Flores-3

Salah satu keunikan dari 17 Pulau Riung adalah adanya ribuan kelelawar atau biasa disebut kalong di salah satu pulau yang bernama Pulau Ontoloe, hewan-hewan ini berkerumun dan bergelantungan di rerimbunan pohon. Kalong tersebut biasa terlihat saat senja dan saat malam akan segera berakhir.

Kebiruan Taman Laut 17 Pulau Riung Flores-2

Air yang jernih seolah-olah memanggil kita untuk menyelam. Laut di sekitar 17 Pulau Riung sangat dangkal dan indah. Sebagian air laut berwarna toska dan tampak transparan, Anda dapat dengan mudah menyaksikan keindahan bawah laut yang sangat menawan. Bagi Anda yang hobi memancing, Pulau Riung menjadi pilihan yang tepat. Ikan di sini sangat berlimpah dan Anda dapat dengan mudah menangkapnya. Wisata alam flores ini sungguh mengagumkan. Di tempat ini kita bisa menikmati keindahan pulau dan laut yang sangat artistik.

(Berbagai Sumber)