Berbeda dengan wisata alam curug yang populer seperti Curug Ciberem atau Curug lainnya yang mudah untuk dicapai oleh wisatawan, curug yang berada di Garut ini tidak mudah untuk didatangi sama halnya dengan Curug Malela di Bandung. Banyak faktor yang mempengaruhi ketidak populeran wisata alam Garut ini, diantaranya adalah karena letak curug ini bertempat di kawasan tanah adat masyarakat Garut.

Daya tarik Curug Cimandi Racun bukan hanya karena karakteristik alamnya saja tapi juga ada legenda atau dongengnya yang dipercaya oleh penduduk setempat. Dongeng yang menceritakan asalmula nama dari air terjun tersebut. Dongeng dibalik nama Curug Cimandi Racun konon bersumber dari cerita pada zaman kerajaan.

Dongeng itu menceritakan bahwa pada zaman dahulu kala terdapat suatu sayembara memperebutkan seorang putri yang cantik jelita. Para jawara atau jagoan silat harus bertarung mempertaruhkan nyawa untuk dapat menjadi pemenang dan mendapatkan sang putri sebagai hadiah dari kemenangannya. Ketika sayembara tersebut berlangsung, ternyata hasilnya imbang sehingga tidak ada yang berhak mendapatkan putri tersebut. Kemudian karena di antara kedua jawara tersebut tidak ada seorangpun yang berhak mendapatkan sang putri, maka putri tersebut disembunyikan dan diracun di tempat yang sekarang dikenal dengan Curug Cimandi Racun.

Curug Cimandi Racun-garut-2

Curug Cimandi Racun terletak di Desa Jangkurang Kecamatan Leles, Garut Jawa Barat. Wisata alam Garut ini berada di sebelah utara Desa Rancasalak, sebelah barat Desa Danu dan sebelah selatan Desa Cikelet. Pemandangan sekitar wisata alam Garut ini sangat bagus. Jika Anda datang ke tempat ini belum banyak kedai makanan seperti di wisata alam lain. Itu dikarenakan wisata alam Garut ini belum bisa dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah Garut.

Untuk mencapai wisata alam Garut ini Anda dapat menggunakan angkutan perkotaan atau angkutan trayek Kadungora dengan jalur Bandung menuju Pamengpeuk yang melewati lokasi wisata alam Garut ini. Jarak terminal angkot Kadungora itu sendiri berjarak 5 km dari objek wisata alam Curug Cimandi Racun. Dari Jakarta, wisata alam Garut ini bisa ditempuh dengan jarak 227 Km atau dari Bandung berjarak 47 Km.

Arah menuju Curug Cimandi Racun

 

(Berbagai Sumber)