Pasti beberapa dari Anda pernah berkunjung ke pantai selatan pulau Jawa. Pantai-pantai membentang di sepanjang bagian selatan pulau Jawa memang selalu dikenal dengan sebutan Pantai Selatan. Tidak hanya kecantikan pantainya saja yang dikenal luas oleh masyarakat namun cerita misteri tentang pantai ini juga sangat kental dan terkadang membuat bulu kuduk menjadi berdiri ketika datang ke pantai–pantai tersebut.

Belum banyak yang mengetahui secara pasti tentang misteri Pantai Selatan sehingga banyak orang yang salah kaprah. Sebagian besar dari mereka mengaku hanya tahu tentang Ratu Kidul yang sering memakai baju berwarna hijau. Oleh karena itu jika pergi ke pantai-pantai selatan pulau Jawa, orang selalu diperingatkan untuk tidak memakai pakaian berwarna hijau karena dianggap akan menjadi tumbal. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih tentang misteri ini, Anda akan sedikit mengetahui tentang misteri itu di sini.

Mitos di Pantai Selatan

Banyak sekali mitos yang tumbuh dan berkembang di daerah pantai selatan ini. Banyak orang yang mengatakan bahwa penunggu dan penguasa pantai selatan adalah seorang perempuan cantik bernama Nyi Roro Kidul. Banyak orang yang mempunyai kekuatan lebih dan bisa melihat makhluk tak kasat mata yang memang mengakui kekuatan Nyi Roro Kidul sebagai penguasa di sepanjang Pantai Selatan. Pada bulan-bulan tertentu sering sekali diadakan ritual yang tujuannya agar Nyi Roro Kidul tetap melindungi semua manusia dan tidak mencelakai manusia yang ada disekitar pantai.

Istilah dalam Jawanya ritual tersebut untuk menolak bala. Mitos juga menyebutkan bahwa banyaknya orang yang sering terbawa ombak dan tidak kembali karena dibawa pergi Nyi Roro Kidul dan dijadikan budaknya. Hal ini membuat banyak orang yang datang ke pantai enggan untuk bermain terlalu jauh. Mereka yang hilang mitosnya juga digunakan sebagai tumbal. Ada beberapa hotel yang juga menyediakan ruangan khusus untuk kamar Nyi Roro Kidul yang dipercaya hadir pada saat-saat tertentu. Kamar tersebut dihias dengan nuansa hijau dan berbau menyan. Banyak lukisan Nyi Roro Kidul dalam beberapa versi yang dipasang.

Fakta tentang Pantai Selatan

Misteri-Pantai-Selatan-2

Terlepas dari banyaknya mitos yang berkembang, pantai selatan pulau Jawa misalnya pantai Anyer, pantai Pangandaran, pantai Parangtritis, pantai Parangkusumo atau pantai-pantai lainnya tetap menarik dan indah untuk dikunjungi. Pantai Parangtritis misalnya menyajikan pemandangan bukit dan indahnya pantai yang selalu membuat orang jadi selalu ingin datang ke pantai ini. Anda bisa naik kuda dan menikmati pemandangan indah di pantai parangtritis ini.

Selain itu, Anda juga bisa duduk-duduk santai sambil menikmati jagung bakar. Faktanya banyak orang yang terseret ombak di pantai ini karena struktur pantai ini yang berpalung. Kemungkinan besar anak-anak tersebut bermain terlalu ke tengah dan masuk ke palung. Jadi misteri pantai selatan benar atau tidak sampai sekarang belum Anda yang bisa membuktikan kebenarannya.