Indonesia memiliki banyak gunung yang tersebar di berbagai wilayah. Dari sekian banyak gunung tersebut beberapa diantaranya merupakan gunung berapi yang masih aktif sedangkan beberapa diantaranya sudah tidak aktif. Walaupun di Indonesia ada banyak sekali gunung, ada beberapa gunung yang cukup populer di masyarakat.

Pegunungan Jayawijaya

5 Gunung Terkenal di Indonesia

Pegunungan Jayawijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Papua, Irian Jaya. Pegunungan ini terkenal karena puncaknya yaitu Puncak Jayawijaya yang berselimut salju. Tinggi gunung Jayawijaya ini adalah 4.884 m di atas permukaan laut. Puncak Jayawijaya adalah salah satu puncak gunung bersalju di perlintasan garis khatulistiwa. Mendaki di Puncak Jayawijaya tentu merupakan impian dan cita-cita para pendaki gunung profesional karena untuk menaklukkan gunung ini tidaklah mudah dan memerlukan perjuangan yang keras. Namun, dari tahun ke tahun, jumlah es yang menyelimuti puncak Jayawijaya diperkirakan terus menurun. Hal ini tidak terlepas dari akibat pemanasan global.

Gunung Merapi

5 Gunung Terkenal di Indonesia

Gunung Merapi tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya dengan ketinggian puncak 2.968 meter di atas permukaan laut. Gunung ini masuk ke dalam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung ini menjadi begitu terkenal karena Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Gunung ini mengalami erupsi setiap dua hingga lima tahun sekali. Padahal gunung ini juga dikelilingi oleh pemukiman padat yang berjarak hanya 4 km dari puncak Merapi.

Gunung Rinjani

5 Gunung Terkenal di Indonesia

Gunung Rinjani merupakan gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yang ketinggiannya mencapai 3.726 m di atas permukaan laut. Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung terfavorit bagi para pendaki di Indonesia karena menawarkan pemandangan puncak yang sangat indah. Gunung ini sebenarnya masih masuk dalam bagian Taman Nasional Gunung Rinjani yang luasnya sekitar 41.330 hektar.

Gunung Semeru

5 Gunung Terkenal di Indonesia

Selain gunung Rinjani, gunung berapi lain yang menjadi favorit pendakian adalah Gunung Semeru. Gunung Semeru atau Sumeru merupakan gunung berapi tertinggi di Jawa. Gunung dengan puncak yang disebut puncak Mahameru ini memiliki ketinggian 3.676 m di atas permukaan laut. Kawah yang berada di puncak Gunung Semeru disebut dengan Jonggring Saloko. Gunung Semeru memiliki kawasan hutan Montane, hutan Dipterokarp Atas, dan hutan gunung atau Hutan Ericaceous. Gunung ini berada di antara wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang.

Gunung Slamet

5 Gunung Terkenal di Indonesia

Gunung Slamet merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di pulau Jawa dengan ketinggian 3.432 m di atas permukaan laut. Gunung Slamet terletak di perbatasan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi kedua di pulau Jawa. Gunung ini memiliki empat kawah dan semuanya dalam keadaan aktif.

Gambar: indonesia.travel; wijayastyle.blogspot.com; satunegeri.com; batasnusa.com