Berwisata memang menyenangkan, apalagi bila dilakukan bersama dengan teman-teman atau keluarga. Namun jika Anda ingin berwisata sendirian, wisata sendirian juga tidak akan kalah seru. Anda bisa menentukan kemana Anda akan pergi sesuka hati tanpa harus berdiskusi dengan orang lain. Agar pengalaman berlibur sendirian dapat berkesan dan penuh arti, pengelola blog perjalanan dari Breathedreamgo.com sekaligus pendiri komunitas WeGoSolo, Mariellen Ward menyarankan 6 tips berikut ini.

1. Jangan Mempersulit Diri Sendiri

Bepergian seorang diri memang akan membuat Anda dapat menentukan tujuan wisata sesuai keinginan Anda. Tetapi, ini tidak berarti Anda boleh menjelajah ke daerah pedalaman Papua dimana Anda belum pernah berkunjung ke sana sebelumnya. Untuk berwisata sendirian, sebaiknya pilihlah tujuan wisata yang sudah pernah didatangi sebelumnya. Jika Anda memang benar-benar ingin pergi ke tempat yang baru, sebaiknya bergabung dengan grup wisata lain yang juga akan menuju ke sana.

2. Persiapkan Rencana dengan Matang

Buatlah rencana perjalanan wisata sebaik dan sematang mungkin. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mengetahui tempat-tempat wisata terbaik. Berwisata seorang diri memang dapat mengikuti kemauan diri sendiri. Tetapi, bukan berarti Anda tidak tahu tempat wisata apa saja yang akan dituju.

Selain itu, jika tujuan wisata berada di tempat yang jauh, cari tahu tentang perbedaan zona waktu. Hal ini sangat penting karena jika Anda tidak tahu zona waktu, Anda akan bingung jika Anda mendarat tengah malam di tempat tujuan.

6 Tips Aman Berwisata Sendirian

3. Sesekali Menjadi Orang Egois

Anda bisa mengunjungi 5 restoran dalam sehari atau duduk menikmati keindahan taman selama berjam-jam. Lewatkan museum atau tempat wisata yang sudah sering dikunjungi. Salah satu hal yang paling menyenangkan dari berlibur seorang diri adalah Anda bisa melakukan apa saja yang Anda inginkan. Jadi, biarkan diri Anda menjadi sedikit egois dan serakah saat berlibur.

4. Selalu Waspada dan Kenali Lingkungan Destinasi Wisata

Bagi traveller wanita, hindari mengenakan pakaian terbuka yang mengumbar aurat di daerah yang penduduknya mayoritas Muslim. Sebisa mungkin, jangan kenakan aksesoris dan perhiasan yang terlalu mencolok. Selain itu, tidak usah membawa gadget yang mahal. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

6 Tips Aman Berwisata Sendirian

5. Berinteraksi dengan Orang-Orang di Sekitar

Di tengah perjalanan, Anda mungkin tersesat atau bingung menentukan arah. Bepergian seorang diri tidak berarti Anda tidak bertanya arah yang benar agar bisa menemukan jalan yang benar. Anda bisa berinteraksi dengan orang-orang lokal. Bahkan, saat berwisata sendirian, kesempatan untuk berkomunikasi dengan warga setempat menjadi lebih besar. Dengan demikian, Anda juga dapat memperoleh lebih banyak informasi tentang keunikan tempat wisata di sana atau bahkan mendapat teman baru.

6. Tetap Berkomunikasi dengan Orang Terdekat

Selama berwisata sendirian, tetap jaga komunikasi dengan keluarga atau sahabat. Bila terjadi sesuatu dengan Anda, maka sahabat dan keluarga akan segera mengetahuinya.