Traveling merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Apalagi bagi mereka yang sibuk dengan rutinitas sehari-hari. Rasanya ingin sekali melepas segala kepenatan dengan traveling. Begitu pula dengan Anda, bukan? Namun perlu diingat ada 5 barang  yang wajib dibawa saat traveling. Apa saja kelima barang tersebut? Let’s check it out!

Gadget Plus Perlengkapannya

Barang penting yang wajib dibawa saat traveling yang pertama adalah beberapa jenis gadget dan perlengkapannya. Sebut saja salah satunya yang terpenting adalah handphone. Selain digunakan sebagai alat komunikasi, handphone juga mempunyai fungsi lainnya. Apalagi model handphone sekarang yang serba canggih seperti smartphone. Smartphone memiliki multifungsi sebagai pengganti mp3, kamera , dan bahkan ada yang bisa untuk menonton acara-acara di televisi.

Yang lebih canggih lagi, smartphone juga bisa dipakai untuk browsing dan  navigating. Jadi hanya dengan satu jenis gadget saja, kamu sudah bisa menggunakannya untuk memotret, mendengarkan musik, browsing, dll sehingga tak perlu lagi bawa kamera, mp3, dan tablet PC atau netbook. Jangan lupa untuk bawa charger atau power bank agar tak kehabisan baterai saat sedang asyik ria ber-traveling. Selain power bank, jangan lupa untuk membawa earphone untuk mendengarkan musik.

ID, ATM, dan Uang Tunai

Barang yang kedua yaitu ID/tanda identitas diri, ATM, dan uang tunai secukupnya. Yang namanya traveling, kamu semua wajib membawa ketiga jenis item di atas karena sangat penting buat kamu sendiri. Dan yang pasti ketiga jenis barang ini sudah dipersiapkan secara otomatis. Tak mungkin kan pergi traveling tanpa membawa uang tunai atau ATM. Uang tunai dan ATM ini digunakan untuk biaya makan, transport, dan menginap di hotel. ID di sini tak cukup KTP saja. Selain KTP, Anda perlu menyiapkan dan membawa passport bila Anda ingin traveling ke luar negeri.

Pakaian, Peralatan Make Up, dan Peralatan Mandi

Barang yang ketiga yang wajib Anda bawa saat akan traveling adalah pakaian dan peralatan mandi. Bawalah pakaian secukupnya saja agar Anda tidak terlalu repot saat membawanya. Sebut saja kaos, celana jeans, jaket, dan handuk kecil untuk mandi. Untuk para wanita, jangan lupa selalu bawa pembalut agar kamu tak repot bila tiba-tiba menstruasi saat traveling. Untuk peralatan mandi, bawa secukupnya saja, simpel dan praktis seperti sabun cair dengan kemasan mini, sikat gigi flipflop, dan pasta gigi dengan kemasan mini, serta shampo sachet saja.

Obat-Obatan Pribadi

Sebagai cadangan saja, bawa serta obat-obatan seperti betadine, plester khusus untuk luka, obat maag (bagi Anda penderita maag), obat anti mabuk/mual, obat masuk angin, obat sakit kepala, handsanitizer, dan minyak kayu putih. Obat-obatan ini pasti akan sangat berguna bila Anda mengalami suatu kondisi kesehatan yang drop.

Makanan dan Minuman Ringan Secukupnya

Makanan dan minuman ringan ini akan mengisi perut Anda untuk sementara. Jika dipersiapkan terlebih dahulu, Anda tak perlu jajan di lokasi traveling. Selain lebih sehat dan aman, juga hemat bukan?

Gambar: travel.detik.com