Daerah kuningan di Jawa Barat ternyata memiliki pesona alam yang tak kalah indahnya dengan objek wisata lainnya di Indonesia. Palutungan & Curug Putri  menjadi satu-satunya primadona objek wisata alam yang paling sering dikunjungi oleh banyak wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari berbagai daerah yang penasaran dengan objek wisata yang satu ini. Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Palutungan & Curug Putri, pastinya Anda juga sangat penasaran seperti apa Palutungan & Curug Putri tersebut. Palutungan & Curug Putri merupakan sebuah kawasan objek wisata yang berupa hutan dan air terjun yang masih asri dan alami. Objek wisata yang satu ini terletak di kawasan kaki Gunung Ciremai di Kecamatan Cigugur yang berjarak sekitar 10 km  dari pusat Kabupaten Kuningan.

Asal usul Palutungan & Curug Putri

Palutungan itu sendiri berasal dari istilah Lutung yang meruapakan Bahasa Sunda yang berarti ‘monyet’. Sedangkan istilah Curug Putri dalam Bahasa Sunda berarti ‘air terjun’. Sesuai dengan namanya, Palutungan & Curug Putri berarti kawasan wisata hutan yang berisi dengan hewan monyet dan air terjun. Objek wisata ini berada di ketinggian 1.100 sampai 1.150 mdpl yang berdiri kokoh di kaki Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Karena area-nya cukup datar, kawasan wisata alam ini sering dijadikan sebagai kawasan perkemahan baik untuk kegiatan perkemahan sekolah/ kampus maupun kegiatan camping keluarga. Kawasan ini juga sangat cocok juga sebagai tempat untuk kegiatan  outbond. Pohon-pohon pinus besar dan tinggi di kawasan ini semakin indah dan kegiatan outbond dan camping pun semakin berkesan.

Sekitar 500 meter dari kawasan bumi perkemahan terdapat air terjun yang sangat terkenal dengan sebutan Curug Putri dengan tinggi sekitar 20 meter. Daya tarik dari Curug Putri ini adalah pemandangan  alam sekitar curug yang indah dan air terjun yang berair jernih dan segar. Air terjun yang jernih dan segar ini berasal dari mata air Hutan Gunung Ciremai. Berbicara seputar Curug Putri, menurut cerita dari penduduk setempat, dahulu kala air terjun ini digunakan sebagai tempat pemandian para bidadari  dari khayangan yang turun ke Bumi. Pada saat gerimis muncul, di Curug Putri ini akan muncul pelangi yang dipercayai sebagai sebuah tanda bahwa para bidadari dari Khayangan akan turun ke Bumi untuk mandi di air terjun yang segar ini.

Seputar Palutungan & Curug Putri

Banyak mitos dan kepercayaan yang muncul di Curug Putri ini. Masyarakat setempat percaya bahwa apabila perempuan atau laki-laki yang membasuh mukanya dengan air Curug Putri ini maka mereka akan mudah mendapatkan jodoh.  Meskipun hanya sebagai mitos, banyak orang yang membasuh muka mereka dengan air Curug Putri ini. Air yang jernih dan segar tentunya akan membuat wajah mereka terlihat lebih bersih dan segar.

(berbagai sumber)