Banyuwangi merupakan salah satu daerah di Pulau Jawa yang memberikan berbagai macam pilihan obyek wisata yang indah. Apa saja pilihan obyek wisata yang bisa Anda temukan di Banyuwangi ini?

Cagar Alam Baluran

Pertama, Anda bisa menikmati pesona keindahan Cagar Alam Baluran yang terletak kurang lebih sekitar 35 km di bagian utara kota Banyuwangi ini. Tempat yang satu ini merupakan tempat konversi dan perlindungan flora dan fauna yang ada di daerah Banyuwangi. Keunggulan dari tempat ini adalah adanya savana atau padang rumput yang luas mengelilinginya.

Berbagai Pilihan Obyek Wisata di Banyuwangi

Di sini Anda bisa menyaksikan berbagai macam komunitas binatang yang langka dan lucu, salah satunya adalah banteng, rusa dan binatang-binatang lainnya. Anda juga bisa menyaksikan pesona keindahan cagar alam ini dengan cara melihatnya langsung melalui menara pengawas.

Keindahan Pantai di Banyuwangi

Kemudian, di cagar alam baluran ini, Anda juga bisa menghabiskan waktu sejenak untuk melihat Pantai Bama. Pantai yang khas dengan nuansa eksotis dan natural yang dimilikinya ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan untuk melihat langsung indahnya matahari tenggelam dan terbit. Pantai Bama juga terkenal sebagai salah satu pantai yang bersih dan jernih. Di sisi pantai bahkan masih terlihan hutan bakau yang masih rimbun dan segar. Pantai Bama juga merupakan tempat yang tepat untuk Anda yang suka berolahraga snorkeling. Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa melihat banyak monyet liar di Pantai Bama yang terkadang mereka akan menemani Anda untuk melihat indahnya pesona keindahan pantai tersebut.

Berbagai Pilihan Obyek Wisata di Banyuwangi

Masih ada lagi pantai lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan di Pulau Banyuwangi, salah satunya adalah Pantai Watu Dodol. Pantai ini terletak di perbatasan bagian utara Banyuwangi dan Situbondo. Pantai ini terletak tepat di sebelah jalan raya provinsi. Bagi para wisatawan atau pengunjung yang ingin melepas lelah sejenak bisa mencoba untuk menikmati keindahan pantai yang ada di daerah ini. Ada dua landmark yang bisa ditemukan di tempat ini, yaitu adanya batu raksasa yang terletak tepat di tengah jalan raya yang memisahkan jalan menjadi dua jalur. Kemudian yang kedua adalah adanya patung penari gandrung di bibir pantai ini. Keadaan Pantai Watu Dodol masih sangat indah dan juga terdapat mata air tawar yang mengalir di pantai. Bahkan air ini juga bisa diminum langsung.

Agrowisata Kalibendo yang Memukau

Berbagai Pilihan Obyek Wisata di Banyuwangi

Di Banyuwangi juga terdapat Agrowisata Kalibendo yang letaknya sekitar 20 Km dari kota ke arah bagian barat. Disini Anda akan menikmati pesona keindahan air terjun yang memukau dan juga dataran tinggi yang masih segar dan alami. Disini Anda juga bisa melihat langsung pemandangan tanaman cengkeh, karet, kopi dan juga tanaman lainnya. Tempat ini juga terletak jauh dari hiruk pikuk kota sehingga Anda akan nyaman berlibur disini.

Gambar: wisata.jazz.or.id; shanered.blgospot.com